Selamat Datang! Silahkan Masuk :)

Wednesday, November 20, 2019

Asap yang melanda Riau.

Jaringan Komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama yang lain, dan digunakan untuk berbagi data. 

                                           [Jaringan bisa menjadi private atau publik.]   
  • Jaringan Private : memerlukan user untuk memasukan kredensial untuk mengakses jaringan. 
  •  Jaringan Publik : seperti internet, tidak dibatasi aksesnya. 

                                       [Macam-macam  jaringan  pada  komputer.]     
  
  1.  LAN (Local Area Network) 
- LAN menghubungkan perangkat jaringan dengan jarak yang relatif pendek. Sebuah kantor, sekolah, atau rumah jaringan biasanya memiliki satu LAN., meskipun terkadang satu gedung memiliki beberapa LAN kecil (mungkin satu perkamar), dan terkadang LAN akan menjangkau sekelompok bangunan didekatnya.DAlam jatingan TCP/IP, LAN sering tapi tidak selalu diimplementasikan sebagai subnet IP tunggal. 
Selain beroperasi dalam ruang terbatas, LAN biasanya juga dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi.

Image result for contoh jaringan lan di sekolah
  

     2.   MAN(Metropolitan Area Network) 

   MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di           dalam kota yang sama. Kalau jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak                  mungkin untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan. Ini lebih besar              dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. MAN menggunakan perangkat khusus dan kabel         untuk menghubungkan LAN.


Image result for contoh jaringan man 


3. WAN (Wide Area Network)
             WAN juga bisa dibilang sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis.                    Perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam                      jaringan IP, router menyimpan alamat LAN dan alamat WAN.


Hasil gambar untuk wan

             WAN berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting. Sebagian besar WAN (seperti               Internet) tidak dimiliki oleh satu organisasi, melainkan ada di bawah kepemilikan                   dan pengelolaan kolektif atau terdistribusi. WAN cenderung menggunakan                            teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih                  jauh.
         4. PAN (Pearson Area Network)

     Sama seperti jaringan LAN, PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil                      seperti misalnya jaringan rumah atau kantor. Biasanya jenis jaringan ini digunakan                untuk berbagi resources seperti Internet atau printer.
Hasil gambar untuk pan jaringan internet


        5. CAN (Campus Area Network)

             - CAN bisa dibilang mirip dengan MAN, tetapi terbatas pada universitas atau                           akademi. Jaringan ini biasanya disiapkan untuk kegiatan pendidikan seperti                           pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, dan lain lain.

Hasil gambar untuk jaringan can

          6. Internet

             - Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia.                       Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi termasuk PC, Laptop,                        Workstation, Server, Smartphone, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak                  lagi.

         7. VPN (Virtual Private Network)

           VPN adalah solusi untuk menyediakan koneksi Internet yang aman. Sebagai                         contoh, sebuah perusahaan memiliki dua kantor; satu di Jakarta dan lainnya di                     Bandung. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan VPN untuk                                    menghubungkan kedua kantor    tersebut. VPN membuat jalur aman di Internet dan              bisa digunakan untuk transmisi data.

No comments:

Post a Comment